Grafik
Komputer merupakan bagian dari ilmu komputer yang berkaitan dengan pembuatan
dan manipulasi gambar (visual) secara digital. Bentuk sederhana dari grafika
komputer adalah grafika komputer 2D yang kemudian berkembang menjadi grafika
komputer 3D, pemrosesan citra (image processing), dan pengenalan pola (pattern
recognition). Grafika komputer berperan dalam visualisasi dan virtual reality. Bagian dari grafika komputer meliputi:
•
Geometri : mempelajari cara menggambarkan permukaan
bidang
•
Animasi : mempelajari cara
menggambarkan dan memanipulasi gerakan.
•
Rendering : mempelajari algoritma untuk menampilkan efek
cahaya
•
Citra (Imaging): mempelajari cara pengambilan dan penyuntingan gambar.
Grafika komputer pada bidang seni dan
hiburan sering digunakan adalah
pembuatan animasi pada sebuah film animasi. Animasi komputer adalah seni
menghasilkan gambar bergerak dengan sendiri melalui penggunaan komputer dan
merupakan sebagian bidang komputer grafik dan animasi. Sesuai dengan
namanya, animasi ini secara keseluruhan dikerjakan dengan menggunakan komputer.
Dari pembuatan karakter, mengatur gerakkan “pemain” dan kamera, pemberian
suara, serta special effeknya semuanya di kerjakan dengan komputer. Animasi
semakin banyak dihasilkan melalui grafik komputer 3D, walaupun grafik komputer
2D masih banyak ada .
Dengan
animasi komputer, hal-hal yang awalnya tidak mungkin digambarkan dengan animasi
menjadi mungkin dan lebih mudah. Sebagai contoh perjalanan wahana ruang angkasa
ke suatu planet dapat digambarkan secara jelas, atau proses terjadinya tsunami.
Perkembangan
teknologi komputer saat ini, memungkinkan orang dengan mudah membuat animasi.
Animasi yang dihasilkan tergantung keahlian yang dimiliki dan software
yang digunakan.
Animasi komputer menggunakan CGI . CGI (Computer Generated Image) adalah penerapan bidang komputer grafis, untuk pembuatan dan memanipulasi gambar (visual) secara digital. Bentik sederhana dari grafika komputer adalah grafika komputer 2D yang kemudian berkembang menjadi grafika komputer 3D (untuk efek-efek khusus dalam film-film, program-program televisi, iklan-iklan, simulator-simulato dan sumilasi umumnya, dan media cetak), pemrosesan citra, dan pengenalan pola. Grafika 3D adalah representasi dari data geometrik 3 dimensi sebagai hasil dari pemrosesan dan pemberian efek cahaya terhadap grafika komputer 2D. Data matematis ini belum bisa dikatakan sebagai gambar grafis hingga saat ditampilkan secara visual pada layar komputer atau printer. Secara umum prinsip yang dipakai mirip dengan grafika komputer 2D, dalam hal penggunaan algoritma, grafika vektor, dan grafika rasternya. Proses penampilan suatu model matematis ke bentuk citra 2D biasanya dikenal dengan proses 3D rendering.
Animasi komputer menggunakan CGI . CGI (Computer Generated Image) adalah penerapan bidang komputer grafis, untuk pembuatan dan memanipulasi gambar (visual) secara digital. Bentik sederhana dari grafika komputer adalah grafika komputer 2D yang kemudian berkembang menjadi grafika komputer 3D (untuk efek-efek khusus dalam film-film, program-program televisi, iklan-iklan, simulator-simulato dan sumilasi umumnya, dan media cetak), pemrosesan citra, dan pengenalan pola. Grafika 3D adalah representasi dari data geometrik 3 dimensi sebagai hasil dari pemrosesan dan pemberian efek cahaya terhadap grafika komputer 2D. Data matematis ini belum bisa dikatakan sebagai gambar grafis hingga saat ditampilkan secara visual pada layar komputer atau printer. Secara umum prinsip yang dipakai mirip dengan grafika komputer 2D, dalam hal penggunaan algoritma, grafika vektor, dan grafika rasternya. Proses penampilan suatu model matematis ke bentuk citra 2D biasanya dikenal dengan proses 3D rendering.
Animasi
2D terus dikonsumsi oleh para animator-animator dunia. Selain Disney,
perusahaan lain yang menggunakan animasi 2D adalah Nickelodeon. Nickelodeon
menciptakan beberapa film-film kartun, salah satu yang menjadi icon juga adalah
SpongeBob Square Pants.
animasi komputer mulai ada setelah teknologi komputer berkembang di era 80-an Animasi komputer mulai terkenal semenjak munculnya film Pixar yaitu Toy Story (1995).
animasi komputer mulai ada setelah teknologi komputer berkembang di era 80-an Animasi komputer mulai terkenal semenjak munculnya film Pixar yaitu Toy Story (1995).
Cara
kerja animasi computer mulai dari :
Pra-produksi
(Konsep, Skenario, Pembentukan karakter, Storyboard, Dubbing awal, Musik dan
sound FX), Produksi (Lay out, Key motion, In Between, Background,
Scanning, Coloring), Post-produksi (Composite, Editing, Rendering, Pemindahan
film kedalam berbagai media berupa VCD, DVD, VHS dan lainnya). Dikerjakan/digarap
seorang animator dengan banyak bantuan komputer, teknik cell animasi
diadopsi dalam animasi komputer, kertas gambar dalam pembuatan
sebelumnya di program menjadi frame komputer, jadi yang semula kumpulan gambar
menjadi kumpulan frame dan dibuat di dalam satu layer atau beberapa layer.
Animasi
2 Dimensi Animasi 2 Dimensi adalah animasi yang paling sering kita jumpai,
animasi ini biasa disebut dengan kartun. Animasi ini berbasis pada konsep
gambar 2 dimensi.Contoh-contoh dari animasi ini adalah spongbob dan lain lain.
Animasi
3 Dimensi Animasi 3 Dimensi merupakan perkembangan dari animasi 2 dimensi.
Dengan berdasarkan pada konsep gambar 3 dimensi sehingga menghasilkan animasi
yang lebih realistis, detail dan nyata karena hampir menyerupai bentuk aslinya.
Contoh dari animasi 3 Dimensi sendiri adalah epic, avatar dan lain-lain.
JENIS ANIMASI KOMPUTER
- Komputer Assist
- Gerak Kontrol dan Script
- CGI Compositing
Komputer citra yang dihasilkan mengubah semua itu, yang memungkinkan pembuat
film untuk menggunakan layar biru atau hijau untuk memilih bagian dari film
yang nantinya dapat dengan mudah dihilangkan dengan komputer dan diganti dengan
gambar dari sumber lain, baik foto atau sepotong adegan animasi. Komputer
compositing animasi bahkan berfungsi di banyak konsumen tingkat program video
editing.
- Motion Capture
Motion capture sangat signifikan bagi yang menjembatani kesenjangan antara
metode tradisional pembuatan film dan teknologi baru. Beberapa contoh dari
motion capture termasuk, Gollum di film “Lord of the Rings”,
- Animasi Flash
Tidak ada komentar:
Posting Komentar