Selasa, 15 September 2015

TEKNIK KOMPILASI

1        Arti proses analisis leksikal
Analisis leksikal atau scanner bertugas mengidentifikasi semua besaran pembangun bahasa (leksikal) yang ada pada source code (source code). Scanner menerima masukan source code berupa serangkaian karakter kemudian memilah-milahnya menjadi bagian-bagian kecil yang mempunyai satu arti yang disebut token, seperti : konstanta, nama variabel, keyword, operator. Token-token ini akan menjadi masukan bagi analisis selanjutnya yaitu analisis sintaksis.Dari fungsi scanner secara umum seperti telah disebutkan di atas, maka tugasscanner secara rinci adalah:
·         membaca serangkaian karakter dari source code
·         mengenalinya ke dalam satuan leksikal
·         mengubahnya menjadi token dan menentukan jenis tokennya.
·         mengirimkan token ke proses analisis selanjutnya, yaitu analisis sintaksis
·         mengabaikan karakter white space (spasi, enter, ganti baris, penanda akhir file) dan komentar (remark) apabila ada di dalam source code
·         menangani error
·         menangani tabel simbol
Scanner bekerja berdasarkan prinsip mesin finite state automata (FSA). Diagram keadaan dapat digunakan untuk membantu mengkonstruksi scanner.
2.  Arti analisis Sintaktik
 Analisis Sintaktik/Analisis Hirarki/Parsing. Dalam tahap ini karakter atau token yang diperoleh pada analisis leksikal disusun dan dikelompokkan dalam suatu hirarki tertentu yang secara keseluruhan mempunyai arti tertentu..
Disinilah struktur program yang lebih besar diidentifikasi (statement, deklarasi, ekspresi, dan lainnya) menggunakan token leksikal yang dihasilkan Analisis Leksikal.
Analisis Sintaktik selalu bekerja bergantian dengan Analisis Semantik.
ü  Pertama, Analisis Sintaktik mengidentifikasikan urutan Token Leksikal seperti ekspresi, statement, subprogram, dan lainnya.
ü  Analisis Semantik kemudian dipanggil untuk proses unit ini.
Analisis Sintaktik berfungsi menghasilkan pohon sintaks program sumber yang didefinisi grammar. Simbol terminal pohon sintaks adalah token-token yang dihasilkan scanner. Sebelum akhirnya kode eksekusi benar-benar dihasilkan.

 3. Arti proses analisis Semantik
Disini dilakukan pengecekan pada struktur akhir yang telah diperoleh dan diperiksa kesesuainnya dengan komponen program yang ada. Merupakan pusat dari tahapan translasi, struktur sintaktik yang dikenali oleh Analisis Sintaktik diproses, dan struktur objek eksekusi sudah mulai dibentuk. Analisis Semantik kemudian menjadi jembatan antara analisis dan sintesis dari translasi.
Analisis Semantik menghasilkan suatu kode objek yang dapat dieksekusi dalam translasi sederhana, tetapi biasanya bentuk dari kode objek yang dapat dieksekusi ini merupakan bentuk internal dari final program eksekusi, yang kemudian dimanipulasi oleh tahap optimisasi dari translator sebelum akhirnya kode eksekusi benar-benar dihasilkan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar